Presiden Jokowi Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Kalibata

Presiden Jokowi Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Kalibata

Jakarta,- Presiden Republik Indonesia Ir H.Joko Widodo (Jokowi) memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka HUT RI ke 75 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/08/2020) dini hari.

Acara Apel tersebut berlangsung tepat pukul 00.00 WIB dini hari, dan dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Sejumlah Pejabat Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara membacakan naskah Apel Kehormatan di depan makam para Pahlawan.

“Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75, kami yang hadir hari ini, Senin 17 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB, menggelar upacara mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam Pahlawan ini,” kata Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta.

Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan dari seluruh pelosok Indonesia serta turut mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” tandas Jokowi.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kemudian, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta dengan Penyalaan Obor dan Doa bersama yang dipandu oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Dalam doa bersama, Menteri Agama mengajak semua pihak untuk berdoa agar wabah Corona di Indonesia segera berakhir.

Dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata turut hadir diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md ,Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Selain itu hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Selanjutnya, Sekitar pukul 00.25 WIB, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan sejumlah pejabat dan menteri Kabinet Indonesia Maju meninggalkan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Diketahui Apel kehormatan dan renungan suci ini merupakan Agenda acara tahunan yang diselenggarakan tiap malam menjelang HUT RI untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan.

HZ/Red

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan