oleh

Pembentukan 57 Koperasi Masjid Berbasis Syariah

KOTA BEKASI – Saat ini telah dijalankan program pembentukan Koperasi Masjid berbasis syariah oleh Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Tahun 2020 terdata 57 Koperasi Masjid berbasis syariah diterbitkan oleh Notaris Pembuat Akta Koperasi H. Ade Ardiansyah, SH., M.kn, berkaitan program pembentukan Koperasi di Pemerintah Kota Bekasi.

“Keterkaitan pembentukan Koperasi Masjid (berbasis syariah), kiranya para DKM yang ada di Masjid – masjid itu, sudah bisa mengoperasionalkan lembaga koperasi ini. Koperasi masjid dalam rangka menghimpun potensi – potensi uang masyarakat dalam lembaga koperasi. Baik yang berasal dari infaq, shodaqoh, simpanan haji atau simpan qurban, dikelola oleh koperasi yang pada akhirnya memiliki kekuatan modal yang cukup baik, yang nantinya akan digulirkan kepada masyarakat, dengan pola pembiayaan syariah,” ujar Kepala Bidang Koperasi, Sitanggang, di ruang kerjanya, Kamis (04/02/2021) siang.

Kedepannya, kata Sitanggang. Diharapkan dapat mengakses pembiayaan – pembiayaan atau transaksi – transaksi kaitannya dengan kebutuhan para anggota di Koperasi Masjid berbasis syariah.

“Dengan harapan koperasi dapat tumbuh dan berkembang, yang mana koperasi ini milik masyarakat itu sendiri. Dikelola oleh masyarakat itu sendiri dan hasilnya untuk masyarakat itu sendiri,” sambung nya.

Ditegaskan oleh Sitanggang, dengan kesadaran ini, diharapkan ekonomi masyarakat tidak terjajah oleh kapitalistik yang hadir di tengah – tengah masyarakat, tandasnya

“Ayo nasionalisme ekonomi dibangun. Paling tepat membangun nasionalisme ekonomi melalui Koperasi. Karena di negara maju, negara yang kesejahteraan kuat dan tinggi ternyata struktur ekonomi nya pada umumnya adalah koperasi,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, di Kota Bekasi, “Dengan komitmen Walikota begitu kuat untuk membangun pemulihan ekonomi, plus membangun ekonomi masyarakat dengan menyiapkan stimulus pembiayaan dalam pembiayaan koperasi, stimulus pembiayaan membangun Koperasi dan UMKM, kiranya kita seluruh komponen masyarakat di kota Bekasi turut mendukung setiap kebijakan yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Bekasi, semakin oke dan semakin maju,” pungkasnya.

(LK/Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed