oleh

Patung Sang Jenderal Soedirman Berdiri Kokoh dalam Dusun di Kabupaten Wonogiri

WONOGIRI – Patung Jenderal Soedirman yang berada tepat di gerbang masuk Dusun Tegalombo, Desa Banyakprodo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri ini memang baru dibangun dan akan diresmikan pada hari Pahlawan.

Penggagas pembuatan patung ini adalah Anto dan Ponco serta para pemuda dari dusun Tegalombo. Untuk peresmian patung sang jenderal mendapat dukungan dan apresiasi oleh perangkat desa setempat dan Koramil Kecamatan Tirtomoyo.

Ponco adalah kreator patung jenderal soedirman yang juga pemuda asli Dusun Tegalombo menyampaikan ke pada tim Telusur News melalui pesan Whatsapp, Selasa (09-11-20)

“Patung Jenderal Soedirman yang kita bangun akan kami resmikan pada 10 November 2020 tepat hari Pahlawan, pembangunan patung ini adalah inisiatif kami (pemuda Dusun Tegalombo) karena kami dan warga dusun tegalombo meyakini bahwa jalan di Dusun kami adalah tapak tilas Jenderal Soedirman, mungkin di maps atau peta tidak masuk. Tapi, kami dan tokoh-tokoh masyarakat dusun kami yakin bahwa dusun kami pernah dilewati sang jenderal saat bergerilya merebut kemerdekaan Repulik Indonesia,” ungkap Ponco.

Selain itu, jelasnya juga dengan adanya patung Jenderal Soedirman ini untuk mengingatkan kami dan generasi penerus agar tidak melupakan sejarah dan perjuangan para pahlawan dahulu yang sudah memerdekakan Indonesia yang kita nikmati saat ini.

Ponco juga mewakili para pemuda Dusun Tegalombo menyampaikan harapannya, “Kami berharap mudah-mudahan pembangunan patung sang jendral ini membawa dampak positif dan dapat mengedukasi kaum milenial tentang sejarah. Kami berencana akan membangun satu patung Tentara di sebelah sang Jenderal dan sebuah taman kalau donasi kita sudah terkumpul lagi,” katanya.

Mengingat pembangunan, terang Ponco, ini swadaya masyarakat dusun dan pemuda yang di perantauan. “Harapan kami kedepan bisa menjadi wisata edukasi baru di daerah kami. Tentunya kita juga berharap dukungan dari pemerintah serta masyarakat Wonogiri agar apa yang kami harapkan tercapai. Negara yang besar tidak melupakan sejarah pahlawan,” tutupnya. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed