Kadistaru Kota Bekasi, Junaedi: Saat Ini RTH 11,06 persen

Kadistaru Kota Bekasi, Junaedi: Saat Ini RTH 11,06 persen

KOTA BEKASI – Sebagaimana peraturan undang-undang nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang (UUPR), kewajiban ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di tiap kota/kabupaten itu sebesar 30% dari luas wilayah.

Pada pasal 29 UUPR disyaratkan luas RTH minimal suatu kota/kabupaten yaitu sebesar 30% (persen) dari luas wilayah yang dibagi menjadi ruang terbuka hijau publik minimal 20% dan ruang terbuka hijau privat minimal 10%

Untuk di Kota Bekasi persentase RTH kini mencapai 11,06% dari persentase yang ditetapkan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi, Junaedi ketika diwawancarai Awak Media, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi, Rabu (08/07/2020)

“Upaya pasti ada. Saat ini 11,06 (persentase RTH),” ungkap Junaedi saat itu.

Pihaknya terus berupaya, kata dia, walau memang berat, agar persentase RTH terus meningkat.

Lebih lanjut disampaikan, langkah yang ditempuh diantaranya, “Kita sesuai ketentuan saja, kita cari, kaitan dengan RTH yang mana-mana. Kalau dilihat sekarang memang berat, karena kewajiban nya harus beli,” imbuhnya.

Walau berat, kata dia, mengingat Kota Bekasi adalah kota berkembang, pihaknya terus berupaya secara maksimal demi peningkatan tersedianya RTH, bagi masyarakat.

Juga, pihak pengembang sesuai ketentuan kata dia, harus patuh mengenai penyediaan RTH. “Ya kan ada ketentuannya,” tandasnya. (LK)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan