oleh

Kadisnaker Ika Indah Yarti: Pelatihan Berbasis Kompetisi Terdukung Anggaran DID 2020

KOTA BEKASI – Pelatihan peningkatan produktivitas dan pelatihan keterampilan bebasis kompetensi di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi pada tahun 2020 terdukung anggaran melalui anggaran dana DID (Dana Insentif Daerah) Tahun 2020

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Ika Indah Yarti, kepada Media Telusurnews, Selasa (22/12/2020)

“Sesuai dengan Visi Wali Kota Bekasi tahun 2018 – 2023 yaitu Cerdas, Kreatif, Maju, sejahtera, dan Ikhsan. Dengan menjalankan misi ke 3, yaitu Meningkatkan Perekonomian Berbasis Potensi Jasa Kreatif dan Perdagangan yang Berdaya Saing,” ujar Ika.

“Dan Program prioritas yaitu 150 ribu peluang tenaga kerja melalui peningkatan kompetensi, pengembangan wirausaha baru dan job fair,” sambung Ika.

Pada Pelatihan peningkatan produktivitas dan pelatihan keterampilan bebasis kompetensi,
Dengan kegiatan :
1. Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi diantaranya:
• Pelatihan Las Listrik
• Pelatihan Las CO
• Pelatihan Instalasi Listrik
• Pelatihan Otomotif
2. Pelatihan Kewirausahaan diantaranya:
• Pelatihan Peningkatan Produktivitas
• Pelatihan Desain Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk
• Pelatihan Manajemen Berbasis Teknologi Pemasaran

Sesuai dengan program prioritas Wali Kota Bekasi, salah satunya melalui peningkatan kompetensi dan pengembangan wirausaha baru dalam upaya untuk mengurangi angka pengangguran dimana Tahun 2019 8,23 % dan untuk thn 2020 kisaran kurang lebih 10 %, karena banyak pekerja yang terPHK (dari perusahaan yang terdampak dari adanya wabah pandemi covid 19), ungkapnya.

“Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, salah satu solusinya adalah menumbuhkan wirausaha – wirausaha baru dan pelatihan peningkatan kompetensi,” imbuhnya.

Hal ini adalah satu keharusan bagi Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi untuk melaksanakan tugas sebagaimana tupoksinya.

Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi memberikan pelatihan secara mandiri, di wilayah juga melaksanakan kegiatan tentunya bersama dinas terkait ( bersinergi ) diantaranya Dinas Perdagangan dan perindustrian dan Dinas Koperasi – Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Bekasi dalam upaya-upaya yang dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat / warga Kota Bekasi.

(LK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *