oleh

Jokowi Reshuffle Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jakarta,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 (dua). Sejumlah menteri lama dicopot dan digeser posisinya, dan ada enam wajah baru yang diangkat untuk membantu kerja-kerja pemerintahan hingga 2024 mendatang.

Enam Menteri yang baru bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju diperkenalkan di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Selasa (22/12/2020).

Berikut daftar menteri Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 hasil reshuffle Jokowi.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya diangkat sebagai Menteri Sosial mengantikan Juliari P Batubara yang terlibat kasus Bansos.

Sakti Wahyu Trenggono Wakil Menteri Pertahanan (Menhan) sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan mengantikan Edy Prabowo yang tersandung kasus benih lobster.

Kemudian, Yaqut Cholil Qoumas Ketua GP Ansor dan Anggota DPR RI sebagai Menteri Agama.

Budi Gunadi Sadikin Wakil Menteri BUMN kini menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Sandiaga Salahudin Uno, Pengusaha ,Mantan Gubernur DKI Jakarta ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selanjutnya, M Luthfi Duta besar untuk Amerika Serikat kini ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah menyampaikan bahwa dirinya tak sungkan untuk melakukan reshuffle. Terutama terhadap Menteri atau petinggi lembaga negara yang bekerja biasa-biasa saja di tengah pandemi virus corona (SARS-CoV-2).

Menurut Jokowi , kondisi pandemi mengharuskan para menteri untuk bekerja luar biasa. Tidak boleh bekerja seperti biasa ketika tidak ada wabah.

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju dilakukan Jokowi terkait dengan dua Menterinya yang terlibat kasus dugaan korupsi. Kini keduanya mendekam di tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Red*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *