oleh

Inspektorat Kota Bekasi : Profil Inspektur Pembantu IV Bidang Pencegahan dan Investigasi

KOTA BEKASI, Telusurnews – Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Walikota Bekasi Nomor 10 Tahun 2017, baik Kedudukan, Susunan Organisasi, Tupoksi dan Tata Kerja Inspektorat Kota Bekasi diatur.

Selanjutnya, Susunan Organisasi Inspektorat Kota Bekasi, terdiri atas : Inspektur, Sekretariat, Inspektur Pembantu Wilayah dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Lebih jauh, Inspektur Pembantu (Irban) adalah Pejabat yang mengendalikan pelaksanaan pengawasan Inspektorat sesuai dengan bidangnya. Sedangkan Irban, terdiri dari :

Pertama, Inspektur Pembantu Wilayah I (Bidang Keuangan dan Kekayaan, membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan Bidang Keuangan dan Kekayaan)

Kedua, Inspektur Pembantu Wilayah II (Bidang Aparatur dan Pemerintahan, membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan Bidang Aparatur dan Pemerintahan)

Ketiga, Inspektur Pembantu Wilayah III (Bidang Pembangunan dan Pelayanan Publik, membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan Bidang Pembangunan dan Pelayanan Publik)

Keempat, Inspektur Pembantu Wilayah IV (Bidang Pencegahan dan Investigasi, membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan Bidang Pencegahan dan Investigasi)

Disamping itu, Irban mempunyai Jabatan Fungsional Auditor yang wajib Terampil dan Ahli sebagai Pelaksana Teknis fungsional bidang pengawasan di lingkungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan itu merupakan karir yang hanya dapat diduduki oleh PNS.

Sumber Daya Manusia pada lingkup Inspektur Pembantu Wilayah IV :
– Eselon III A (Struktural) 1 Orang
– Fungsional Auditor Madya : 2 Orang
– Fungsional Auditor Ahli Muda : 2 Orang
– Fungsional Auditor Ahli Pertama : 2 Orang

Irban Wilayah IV, H Sudirman, SH, mempunyai tugas membantu Inspektur melaksanakan sebagian urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Inspektorat dalam pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan administrasi umum Pemerintahan dan urusan Pemerintahan daerah dalam bidang pencegahan dan investigasi untuk mencapai pelaksanaan pembinaan dan pengawasan urusan dibidangnya.

Secara umum, Irban Wil IV memiliki 2 program utama yaitu :

A). Pencegahan (Edukatif dan Preventif)
B). Investigasi (Represif/Korektif)

Dalam menjalankan program-program tersebut Irban Wil IV Bidang Pencegahan dan Investigasi menjalin hubungan kerjasama dengan lembaga/instansi pengawasan, diantaranya : KPK, Kemen PAN RB, Perwakilan BPKP Jabar Bid. Investigasi dan Polrestro Bekasi Kota.

Selain pelaksanaan program, Auditor pada Irban Wil IV juga melaksanakan kegiatan lain berupa Peningkatan kapasitas Auditor dan Kelembagaan

Secara umum, Pengawasan Irban Wil IV mengacu pada standar audit AAIPI (Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia thn 2014), secara keseluruhan tujuannya adalah mencapai reformasi birokrasi.

Bidang pencegahan dan investigasi dalam hal ini bertugas sebagai early warning system untuk meningkatkan efektivitas menajemen risiko instansi pemerintah. Dengan demikian, diharapkan terdapat pemberian keyakinan yang memadai terhadap prinsip ketaatan, kehematan dan efesiensi dan efektivitas pencapaian tujuan organisasi, dalam hal ini pemerintah Kota Bekasi. (ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed