oleh

Disdukcapil Sedang Persiapkan Tutorial Penggunaan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

KOTA BEKASI – Kini Kota Bekasi mempunyai Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yakni berjumlah 2 (dua) unit. Namun masih dipersiapkan proses penggunaan oleh Masyarakat.

“Yang satu di Cibubur (mall) dan yang satu di MPP BTC (mall), sudah terpasang,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat, kepada Telusurnews , di Kantornya, Selasa (19/01/2021)

Menurut Taufiq, penggunaan mesin ADM ini tidak serta merta dalam penggunaan sebagaimana mesin ATM.

“Jadi gini, ADM ini tidak serta merta orang datang langsung ini, tetap dia harus mengakses dulu aplikasi, harus masuk ke Kemendagri, baru ada proses aprovel atau proses persetujuan – persetujuan, baru dia mendapatkan email dan terima email itu, baru bisa discan barcode di mesin itu. Jadi tidak serta merta layaknya mesin ATM,” ungkap Taufiq.

Masyarakat wajib mengakses aplikasi SIAK Kemendagri terlebih dahulu, mengikuti prosesnya baru bisa mesin ADM digunakan.

“Intinya kita tidak bisa serta merta orang bisa langsung datang, langsung proses di situ dan langsung cetak. Namun, kita sedang siapkan sambungan dari e Open (apk) bila yang memilih untuk mesin ADM akan langsung terhubung ke link yang ada di Kemendagri. Jadi itu yang sedang kita sediakan,” terang Taufiq.

Pihaknya sudah mempersiapkan untuk launching, kedua mesin ADM sudah bisa dipakai, namun tidak kalah penting persiapan yakni memahamkan Masyarakat cara penggunaan mesin tersebut.

“Makanya kita sedang siapkan tutorial, nanti kita akan sebarkan. Nanti ke link Camat, link Lurah dan RW/RT, supaya sampai ke Masyarakat, cara menggunakan mesin ADM itu,” tutup Taufiq.

(LK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed