oleh

Dinkes: Terdata Jumlah Pengidap HIV 5424 dan AIDS 1406

KOTA BEKASI – Pengidap HIV (Human Immunodeficiency Virus) 5424 orang dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) 1406 orang (terdata per Juli 2020)

Hal itu disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi, melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr Siti Nurliah saat diwawancarai telusurnews di Rumah Makan Mang Engking, Kamis (28/01/2021) siang.

“Untuk Kota Bekasi sendiri dalam penanganan HIV, berdasarkan deadline dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan), kita dikasi target itu seluruh Indonesia bahwa tahun 2030 itu Getting to three zero HIV AIDS,” ujarnya.

Three zero yang dimaksud adalah tidak ada lagi HIV AIDS baru, tidak ada yang meninggal karena HIV AIDS dan tidak ada lagi diskriminasi, paparnya.

“Emang agak sulit, tapi kita harus jalankan dengan jumlah populasi yang ada di Kota Bekasi,” katanya.

Semakin lama, katanya lagi, data pengidap semakin naik, “Sama seperti penyakit lain kayak fenomena gunung es. Kita ada data, misalnya data 10000 ternyata di bawah belum ketemu dan itu ke mana – mana menularkan,” tambah dia.

Tiap tahun terjadi peningkatan penularan, bahkan sampai ratusan pengidap yang terdata. “Makanya bagaimana kita untuk mencegah penularan ini?,” imbuhnya.

Untuk layanan terkait HIV AIDS di Kota Bekasi, sudah ada 42 Puskesmas untuk tes secara gratis. Selain layanan tes, juga ada layanan poli untuk pemberian obat di Kota Bekasi.

“Untuk Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) dan sudah ada 4 yang aktif, yaitu RS Ananda, RS Elisabeth, RSUD Kota Bekasi dan Puskesmas Perumnas dua. Tahun ini kami Dinas berencana semua Puskesmas akan dijadikan untuk PDP,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk Obat kata dia, merupakan alokasi dari Kemenkes dan didrop berdasarkan sistem SIHA dan permintaan.

“Obat regen dari Pemerintah tidak berbayar, tetapi jasa dokter nya kalau di swasta berbayar, kalau di Puskesmas gratis,” tutup dr Siti Nurliah.

(LK/Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed