BKKBN Jawa Tengah Apresiasi Pemkab Tegal Terkait Pelayanan KB Sejuta Akseptor

BKKBN Jawa Tengah Apresiasi Pemkab Tegal Terkait Pelayanan KB Sejuta Akseptor

Kab.Tegal,– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal menduduki peringkat juara dua terbaik se-Jawa Tengah terkait kompetensi Pelayanan akseptor KB (Keluarga Berencana), Piagam dan reward lomba pelayanan KB sejuta akseptor diberikan oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Jawa Tengah di Ruang Rapat Nusantara, Gedung Amartha Setda, Kabupaten Tegal, Senin (27/07/2020).

Kepala BKKBN Jawa Tengah Martin Suanta menyampaikan, Penambahan jumlah akseptor KB di Kabupaten Tegal pada kompetisi Pelayanan KB Sejuta Akseptor berhasil melampaui target.

“Dari target 2.415 akseptor, mampu terbukukan 6.681 akseptor atau bertambah 311 persen. Atas pencapaian ini, Kabupaten Tegal pun menduduki peringkat juara dua terbaik se-Jawa Tengah,” Kata Martin Suanta di Kabupaten Tegal, Senin (27/07).

Kepala BKKBN mengapresiasi langkah Bupati Tegal dan P3AP2KB Kabupaten Tegal serta seluruh pihak yang telah menyukseskan penggerakan dan pelayanan KB di Kabupaten Tegal.

“Luar biasa, Kabupaten Tegal menjadi salah satu penyumbang akseptor KB terbanyak di Jawa Tengah, yaitu sekitar 6.681 akseptor. Secara nasional, Jawa Tengah juga memberikan kontribusi signifikan. Dari target 147.654 akseptor, mampu mencapai 173.698 akseptor atau 117,64 persen,” ungkap Martin.

Di masa pandemi Covid-19, menurut Martin, promosi dan pelayanan KB merupakan upaya penting dalam penurunan angka kematian ibu (AKI) dan Angka kematian bayi (AKB).

“Disamping itu juga upaya pencegahan stunting yang saat ini menjadi fokus pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Selanjutnya, Martin menghimbau kepada para tenaga Lapangan KB agar lebih giat meningkatkan pelayanan, terutama dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penggunaan kontrasepsi selepas kelahiran.

“Penyampaian informasi tentang ini bisa dilakukan melalui media, baik cetak maupun elektronik. Tujuannya, agar komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tentang program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana kepada masyarakat dapat tersampaikan,” katanya.

Salsa AP

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan