YASOS BKS SUMUT Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun Cair & Detergent di Desa Kolam

YASOS BKS SUMUT Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun Cair & Detergent di Desa Kolam

Medan, Telusurnews – Yayasan Sosial Berdikari Karya Sehati (Yasos BKS) sumatera utara lakukan giat pelatihan pembuatan sabun cair dan deterjen kepada ibu rumah tangga di jl. Pusaka Desa Kolam Kec.Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Minggu (7/04/2019).

Acara yang di hadiri kurang lebih 50 orang peserta terdiri dari perwakilan medan labuhan, medan marelan, medan amplas, bandar klifa dan percut sei tuan yang dimana didominasi ibu rumah tangga.

Sebagai instruktur pengajar pelatihan Agus Salim Tanjung,So,Si yang akrab di sapa bang Tanjung yang juga sebagai ketua umum AMPHIBI menjelaskan bahwa Sabun Cair dan Deterjen ini menggunakan bahan baku dari limbah by produk industri Nabati yang mana campurannya dari bahan alami seperti daun Serei,daun Pandan dan daun Jeruk sebagai pewarna dan pewangi.
Kita tidak menggunakan bahan kimia, “jelasnya.

Produksi sabun cair dan deterjen ini juga telah kami kembangkan dan produksi di dalam Lapas Bulak Kapal Bekasi dan Yayasan Rehabilitasi Narkoba I’Anatul Barokah Pondok Ilir-ilir dibawah binaan Komjen(Purn) Dr. Anang Iskandar SH, MH di Setu Jawa Barat.
Hasilnya kini telah menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga binaan didalam lapas bulak kapal maupun Pondok Ilir-ilir, “ucap Tanjung.

Dalam pelatihan yang digelar di kantor Yayasan sosial BKS sumut dibagi menjadi 5 Kelompok. Yang dimana setiap kelompok menggunakan bahan cmpuran alami berbeda-beda.

Ketua Yasos BKS Sumatera Utara Budy Rahayu mengharapkan semua peserta yang hadir dalam pelatihan ini bisa mewakili desanya untuk menjadi Leader dan kedepannya bisa mengajar dan berkarya dalam kegiatan memproduksi Sabun Cair dan Deterjen.
Disamping pelatihan, saya juga akan membuat kelompok usaha bersama (Kube) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai usaha seperti distributor gula pasir dan minyak goreng, “ujar Ayu.

Pelatihan pembuatan sabun cair dan detergent yang digagas Budy Rahayu (Ayu) ketua Yasos Bks wilayah sumut, ketua Amphibi kota Medan Rudianto dan ketua Kppl desa kolam Miswanto bertujuan untuk menambah sumber penghasilan ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

(sumber yasosbks)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan