Pemprov DKI Bebaskan Sanksi Denda Pajak Kendaraan Bermotor dan PBB P2?

Pemprov DKI Bebaskan Sanksi Denda Pajak Kendaraan Bermotor dan PBB P2?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan penghapusan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Program ini dilaksanakan mulai 15 November sampai 15 Desember 2018.

“Dari tanggal 15 November kemarin, Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta ini sudah melaksanakan penghapusan denda terhadap denda PKB (pajak kendaraan bermotor) dan BBNKB (bea balik nama kendaraan bermotor) sampai tanggal 15 Desember 2018,” ujar Kepala Unit Pelayanan PKB dan BBNKB Kota Jakarta Selatan Khairil Anwar saat ditemui di Samsat keliling Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018).

Hal itu tercantum melalui Pergub no 3 Tahun 2018  dalam Surat Keputusan Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2315 Tahun 2018 tentang penetapan penghapusan sanksi administrasi untuk Pajak Kendaraan Bermotordan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Surat tersebut ditandatangani Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta Faisal Syafruddin.

Selain pajak kendaraan, dalam surat tersebut, tertuang perihal pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) diberikan kepada wajib pajak yang tidak atau belum membayar PKB, BBN-KB, dan PBB-P2 terutang.

“Saya imbau masyarakat memanfaatkan ini sebaik-baiknya,” imbuh Khairil.

Namun pembebasan denda PKB-BBNKB itu hanya berlaku di wilayah DKI Jakarta. Dia berharap pemilik kendaraan ramai-ramai membayar pajak lantaran ada kekurangan penerimaan pajak.

“Kami dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah punya target Rp 38,2 triliun, yang sampai 15 November kemarin itu masih ada kekurangan pajak sebesar Rp 1,2 triliun,” ucapnya.

Selain itu, loket pembayaran hingga loket Samsat ditempatkan di sejumlah lokasi strategis. Menurut Khairil, ada pula mobil Samsat keliling hingga e-Samsat yang diharapkan dapat memudahkan para pemilik kendaraan bermotor itu melunasi pajaknya. ( HZ)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan