Pelatihan Jurnalistik AWPI Bekasi Raya, Dibekali Materi Wasbang dan Bela Negara

Pelatihan Jurnalistik AWPI Bekasi Raya, Dibekali Materi Wasbang dan Bela Negara

Bekasi – Penyelenggaraan pelatihan jurnalistik dan Pelantikan Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Bekasi Raya, masa bakti 2018-2023, M Lengkong resmi dilantik sebagai Ketua DPC Bekasi Raya.

Acara tersebut berlangsung 3 (tiga) hari, Selasa-Kamis, 9-11 Oktober 2018, dihadiri oleh Tri Adhianto (Wakil Walikota Bekasi), Ir. Dedi Nadiyanto (Ketua Umum AWPI), Wilson Walengke (Ketua Umum PPWI), Letkol Arm Abdi Wirawan. SH. M. Tr (Han) Dandim 0507/Bks, para Mahasiswa dan Pelajar SLTA Kota / Kabupaten, Dedi (Ketua AWPI Banten), di Lagoon Avenue Mall, Kel. Pekayon Jaya Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Pelatihan jurnalistik diberikan beberapa materi yaitu Pengenalan Sejarah Pers (Hari Pertama), Seputar Dunia Junalistik (Hari Kedua), Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (Hari Ketiga).

Dalam kesempatan tersebut pemberian materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara dilakukan oleh Dandim 0507/Bks Letkol Arm Abdi Wirawan. S.H., M. Tr (Han) yang mewakili Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, S.I.P.

“Bangsa Indonesia mempunyai jumlah penduduk sekitar 265.000.000 orang yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia cara pandang yang berwanusantara belakang ini memperhatinkan. Para Pendahulu memiliki rasa persatuan & kesatuan yang tinggi untuk mewujudkan cita- Cita bersama yaitu masyarakat adil & Makmur bila di biarkan NKRI yang kita cintai terpecah belah,” kata Dandim (11/10/2018)

Dandim menuturkan, “Wawasan kebangsaan adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan, sikap bangsa Indonesia terhadap diri juga lingkungannya dengan mengutamakan rasa persatuan & kesatuan dalam penyelengaraan kehidupan berbangsa bernegara,” tuturnya.

Sementara itu Efrizal Harahap, Pemimpin Redaksi Media Lumen News (Pemateri), menyampaikan, “Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupan dalam bentuk lainnya dengan mengunakan media cetak media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia,” urai Efrizal (10/10/2018)

Perusahaan pers adalah Badan Hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha pers meliputi Perusahaan Media cetak, media elektronik, dan kantor berita, serta perusahaan media lainnya yang secara khusus menyelenggarakan menyiarkan, atau menyalurkan informasi. Kantor berita adalah Perusahaan Pers yang melayani media cetak, media elektronik atau media lainnya serta masyarakat umum dalam memperoleh informasi. Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. Organisasi Pers adalah organisasi wartawan dan organisasi perusahaan pers.

Wilson Lalengke (Ketua Umum PPWI), mengulas singkat kisah inspirasinya yang bermula dari “Curhat” seorang sahabat yang kuliah S-2 di Amerika. Ingin sekali menuliskan apa yang ada di dalam pikirannya, tetapi berkali-kali mencoba menuangkannya di kertas atau di komputer, berkali-kali juga ia merasa gagal. Hampir semua orang mengalami situasi seperti itu, ungkapnya.

“Belum pernah terjadi dalam sejarah seorang penulis berbakat langsung berhasil tenar dengan hasi bagus, pasti melalui hambatan dan kegagalan. Mereka kemudian belajar dari pengalaman pahitnya itu, untuk selanjutnya keluar scbagai penulis bernilai emas, jadi bila Anda mengalami hal yang sama, jangan sedih. Anda tidak sendirian,” kata Wilson.

Sambung Wilson, “Yang pasti, kemauan membara di dalam dada untuk menuangkan ide di pikiran Anda ke dalam bentuk tulisan, sesederhana apapun ide itu, sudah menjadi modal awal yang paling ampuh,” pungkasnya.

Dirinya menegaskan perihal pentingnya menulis menggunakan formula 5W+1H. Ketika semua sudah diterapkan, maka sukselah si penulis berita dalam menyusun sebuah berita.

“Pembaca justru lebih senang membaca formasi dari bacaannya dengan formula 5W+1H. Bila yang diinginkan seseorang terdiri dari enam unsur, yang disingkat, Anda sudah bisa menjawab pertanyaan seputar 5W+1H, maka sukseslah Anda sebagai penulis setidaknya penulis berita (hard-news) sampaikan ke Pembaca,” tandasnya. (Red)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan