Pengurus Pusat PWI Sebut Humas Wajib Terbuka Setiap Saat

Pengurus Pusat PWI Sebut Humas Wajib Terbuka Setiap Saat

 

 

Ist

KOTA BEKASI, Telusurnews – Diera keterbukaan seperti sekarang ini, berkaitan informasi dan data perencanaan, pengelolaan dan evaluasi dana Aggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang berasal dari rakyat, seharusnya menjadi semakin terbuka dan mudah untuk diakses, sebagaimana dijamin oleh Undang-undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Namun, sayangnya pada beberapa kejadian ditengarai Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi, yang juga membawahi Kehumasan, ketika membalas surat resmi berkaitan permintaan informasi dan data yang bertalian dengan transparansi APBD, seakan sengaja menggunakan Pasal 17 B UU No 14 Tahun 2008 Tentang KIP, terkait kekayaan intelektual, demi tidak memberikan jawaban kepada pemohon.

Hal itu dinilai tidak tepat oleh beberapa lembaga kompeten skala Nasional. Kali ini tanggapan serius datang dari Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Pusat), Kamsul Hasan (Komisi Kompetensi Wartawan), menyatakan dengan tegas bahwa Instansi Kehumasan wajib membuka setiap saat data, bahkan sekalipun itu perihal kerjasama dengan Media.

“Humas Wajib Membuka Setiap Saat Data Kerja sama dengan Media,” tegas Kamsul ketika dihubungi, Rabu (11/04)

Kamsul pun mempertanyakan mengenai alasan kerahasiaan dan mengaitkan dengan HAKI. Hal tersebut ditengarai kerap digunakan saat membalas surat permohonan data dan informasi publik.

“Sejak kapan data kerja sama Humas dengan pihak Media menjadi Informasi HAKI yang dirahasiakan, itu data terbuka dalam UU KIP, ” tandas dia.

Menurutnya bahwa Pasal 17 B UU No 14 tahun 2008 tentang KIP itu memang terkait kekayaan intelektual dan bukan untuk tidak menjawab daftar yang diminta. (M-3L/Red)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan